Monday, December 5, 2011

Merawat Printer dengan Tinta Infus

Merawat Printer dengan Tinta Infus            Merawat Printer dengan Tinta Infus



 

Semakin hari semakin banyak konsumen yang menggunakan printer dengan tinta modifikasi sistem infus (inkjet) yang kabarnya harga memang relatif lebih ekonomis. Tetapi jika tidak dilakukan perawatan serta penggunaan yang tepat terhadap printer tinta infus ini, maka hal ini yang sering menyebabkan printer cepat mengalami kerusakan terutama pada head printer dan atau cartidge nya..
Beberapa tips perawatan printer di bawah ini mungkin bermanfaat bagi Anda pengguna sistem tinta infus, agar umur printer lebih panjang dibanding printer yang tidak menggunakan perawatan.
1. Untuk printer dengan sistem tinta infus ini, sebaiknya letakkan botol tinta infus sejajar (sama tinggi) dengan printernya. Biasanya jika kita pergi ke vendor untuk memasang tinta infus maka mereka telah meletakkan botol / tabung tinta infus tersebut pada tempatnya yang tepat yaitu sejajar dengan printer (biasanya sudah dilem di sebelah printer). Jika Anda berasumsi bahwa lebih baik meletakkan tabung infus lebih tinggi dari printernya agar tintanya lancar mengalir ke cartidge printer, maka ini mungkin asumsi yang salah karena dari tanya jawab dengan vendor dan pengalaman pribadi, jika meletakkan tabung printer lebih tinggi dari printernya ini akan menyebabkan hasil printer di penuhi oleh tinta (biasanya hitam) atau bisa di sebut banjir tinta dalam printer.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan hal yang tepat untuk printer infus Anda tersebut.
2. Tabung tinta infus biasanya terdiri dari 2 tutup karet tabung, tutup yang besar dan yang kecil. Nah, pada saat ngeprint maka ceklah tutup lubang yang kecil apakah sudah terbuka atau belum, karena pada saat ngeprint direkomendasikan agar tutup lubang kecil terbuka agar adanya sirkulasi udara di dalam tabung yang mana printer menyedot tinta dari ruang kecil tersebut. Jika terjadi tinta di ruang kecil kurang maka untuk menambahnya tinggal buka saja tutup lubang besar dan secara otomatis ruangan yang kecil akan terisi tinta kembali.
Seandainya mengalami kehabisan tinta pada ruang besar dan kecil maka segeralah di isi dan pengisian sebaiknya pada saat tinta tidak mengalami kehabisan total (minimal tinggal se-per-empat isi tabung).
3. Sebaiknya gunakan printer tinta infus ini untuk melakukan print setiap hari walaupun hanya 1 (satu) helai kertas. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kebekuan tinta pada head print nya. Ada juga yang menyarankan agar printer tetap dinyalakan walaupun tidak digunakan dengan tujuan yang sama yaitu menghindari kebekuan tinta.
4. Jika printer tidak digunakan dalam beberapa hari, tutuplah kedua tutup masing-masing tabung infusnya. Dan jika ingin menggunakan kembali buka tutup lubang ruangan kecil. Biasanya jika tidak digunakan dalam beberapa hari maka akan menyebabkan hasil cetakan printer kurang memuaskan (maksimal), untuk itu perlu dilakukan proses head cleaning. Tapi disarankan untuk tidak sering-sering melakukan proses head cleaning ini karena dapat merusak head printer nantinya.
Sekian. Semoga Bermanfaat! Sumer:http://www.hendramasputra.net/

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More