Tuesday, November 22, 2011

Bikin Website / Blog Dengan Joomla


Bikin Website / Blog Dengan Joomla

Langkah-langkah menginstall joomla dengan Uniserver

Komponen yang penting sekali pada joomla ada 3 : web server, php dan mysql. Karena joomla menggunakan php, maka agar joomla dapat dipakai, harus ada applikasi yang bisa menjalankan php, yaitu webserver. Webserver yang paling banyak dipakai untuk menjalankan php saat ini yaitu apache. Agar file joomla dapat di simpan, maka file itu harus di simpan di suatu tempat penyimpan data (bank data), dalam hal ini joomla menggunakan mysql. Mysql ini harus dijalankan oleh aplikasi yang bisa menjalankan mysql.

Jadi software yang harus disiapkan:
  • Webserver, Apache
  • Mysql


Banyak software yang membundel kedua komponen di atas menjadi satu paket. Misalnya xampp, uniserver, dll. Dalam artikel ini, software yang digunakan yaitu uniserver. Uniserver bisa di download gratis disini

Setelah uniserver terinstall, lalu siapkan joomla nya. Dalam artikel ini, joomla yang di pakai yaitu joomla 1.5 dan bisa di download disini

Cara insall uniserver tinggal doubleclick saja di file uniseserver hasil downloads anda tadi. Dalam artikel ini, uniserver disimpan di drive C.

Kemudian pada folder www, buat folder yoursite. Yoursite ini akan menjadi url web yang nantinya kita buat dengan joomla di localhost.

Ekstract joomla 1.5 di folder yoursite.

Lalu, jalankan uniserver. Caranya masuk ke folder uniserver > uniform server > klik Server_Start 2 kali

Secara otomatis akan redirect ke browser dengan url http://localhost/cpanel/ . Bila halaman tidak muncul, reload page browser.

Pada tab tools, pilih phpmyadmin

Setelah masuk ke phpmyadmin, pilih Privileges, setelah masuk user overview, pilih add new user

Isi username nya, host, dan passwordnya, catat dan jangan sampai lupa. Host biasanya di isi localhost. Untuk usernamenya terserah. Untuk global privileges pilih check all.

Tahap berikutnya yaitu instalasi joomla di browser. Masukan url berikut http://localhost/yoursite

kemudian  klik next, next, next. Setelah itu muncul database configuration, isi user name, host name, password sama seperti yang telah diisikan pada phpmyadmin. Setelah semua diisi, klik next.

Untuk (ftp configuration) karena di installnya di localhost, pilih no saja.

Selanjutnya, isi site name nya. Email harus diisi. Untuk admin password, boleh berbeda dengan password mysql. Untuk mengurangi resiko lupa, sebaiknya password admin dengan mysql samakan saja. Pilih juga install sample data agar web tidak kosong. Lalu, next.

Tahap instalasi selesai. Sebelum membuka web kita, hapus folder installation yang ada di folder yoursite.

Sekarang, masukan url http://localhost/yoursite/

Jika ingin merubah isi web, masuk ke halaman administrator : http://localhost/yoursite/administrator/

Selamat mencoba...Janhan Putus asa jika belum berhasil, karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More